PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL TINGKAT SD TAHUN 2022 DI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA DIGELAR

By admin 26 Okt 2022, 11:50:50 WIB Pendidikan
PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL TINGKAT SD TAHUN 2022 DI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA DIGELAR

Tiakur-news,malukubaratdayakab.go.id-  Pembukaan dan Pelaksanaan  Asesmen Nasional jenjang Sekolah Dasar Berbasis Komputer Tahun 2022  dilaksanakan di SD Negeri 1 Tiakur Senin (24/10/2022).

Dihadiri  oleh Plt Kadis Pendidikan Eduard J.S Davidz, ST, M.Eng., Para Pejabat  Struktural  Lingkup Dinas  Pendidikan  Kabupaten  Maluku Barat  Daya, dan Para Kepala  Sekolah Dasar.


 
Wendy J. Laipeny, SE sebagai ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa Asesmen  Nasional  merupakan  evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada  satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrument asesmen  kompentensi minimum, survei karakter dan survei lingkungan belajar.  Sehingga  hasilnya dapat digunakan untuk memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan.

Asesmen nasional akan dilakukan secara semi online dan ofline.   Untuk  jenjang sekolah dasar,  kesiapan pelaksanaan secara  online  belum maksimal. Hal ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung khususnya terkait dengan laboratorium komputer, peralatan TIK dan juga jaringan internet  yang belum memadai/tersedia. 

Baca Lainnya :

" Berkaca pada asesmen tahun 2021, dari 155 Sekolah Dasar yang ada pada kabupaten Maluku Barat Daya, hanya 1 sekolah yang melaksanakan secara mandiri  semi online yakni pada SD Negeri 1 Tiakur  dan untuk sekolah-sekolah yang lain pelaksanaan asesmen masih menumpang pada Sekolah Menengah Atas yang ada pada masing-masing kecamatan. Tahun 2022 ini, kegiatan asesmen dilaksanakan secara mandiri sebanyak 23 sekolah diantaranya 10 sekolah yang pelaksanaannya secara mandiri online dan 13 sekolah  pelaksanaannya  secara mandiri semi  online " ujar Laipeny



Dan atas nama Dinas Pendidikan Kab. MBD,  dirinya  mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati MBD atas dukungan melalui APBD Tahun 2022 sehingga pengadaan peralatan TIK pada sekolah-sekolah di 17 kecamatan dapat terlaksana dan pelaksanaan asesmen dapat dilaksanakan tanpa harus ke kecamatan lain.

Dalam arahannya pada pembukaan kegiatan asesmen, Plt Kadis Pendidikan Eduard J. S. Davidz, ST, M.Eng,  berharap Asesmen Nasional berbasis komputer tingkat  sekolah  dasar yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia ini dan teristimewa di Kab. MBD yang diikuti oleh kurang lebih 2.141 siswa kelas 5 SD Tahun 2022 ini  bisa berjalan  dengan  baik.

Asesmen merupakan metode pemetaan  mutu  yang  paling efektif untuk mengetahui apa kompetensi dasar siswa karena memang hasil ujian itu tidak  menentukan  secara  langsung terhadap  pencapaian siswa di masa yang akan datang. Siswa perlu  dibekali  dengan tiga hal dasar yaitu, kemampuan, numerasi, literasi  dan survei karakter, dan bagi pendidik  diberikan  survei lingkungan belajar untuk mengetahui sejauh mana pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar disekolah.



" Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya berharap asesmen 2022 ini, ada  peningkatan tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan, literasi dan numerasi  siswa.  Peningkatan ini sangat penting dan disesuaikan dengan kemajuan teknologi, agar kedepan siswa-siswi lebih siap untuk mengikuti Asesmen ditahun selanjutnya. Gunakanlah fasilitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar anak dan mendorong mutu para siswa-siswi " harap Plt. Kepala Dinas

Davidz juga menambahkan, untuk para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini jangan pernah takut, ragu tetapi belajarlah dengan giat agar bisa mencapai hasil yang memuaskan. kalwedo…(kominfo24)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment