Bupati Pimpin Rapat Persiapan Kedatangan Menko Polhukam dan Mendagri

By Mario Given Hood Sekawael 09 Mei 2023, 06:52:51 WIB Pemerintahan
Bupati Pimpin Rapat Persiapan Kedatangan Menko Polhukam dan Mendagri

Tiakur-news.malukubaratdayakab.go.id– Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, S.T memimpin rapat kesiapan kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, yang dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja untuk melaunching pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2023 di wilayah Lokpri yang berada di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku pada 30-31 Mei 2023 mendatang. Rapat berlangsung di Ruang Kerja Bupati, Senin (08/05/2023).

Dalam arahannya, Bupati menyampaikan,  pemerintah daerah dan rakyat MBD bersyukur kepada Tuhan dan Pemerintah Pusat yang mau merencanakan kunjungan Menteri ke Maluku Barat Daya.


Baca Lainnya :

“Pemda dan masyarakat MBD bersyukur atas rencana kunjungan Menko Polhukam dan Mendagri ke MBD. Kami berharap dengan kehadirannya, langkah percepatan pembanguan wilayah perbatasan, khususnya MBD, dapat berjalan dengan baik yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat pada perbatasan negara,” ungkap Bupati.

Bupati mengatakan, kita harus siap menerima kunjungan para Menteri dan rombongan. Berbagai rancangan alternatif yang telah disiapkan dan dirancangkan BNPP harus selalu dievaluasi dan dimonitoring. Sehingga pelaksanaan kegiatan Gerbangdutas yang bertujuan mengintervensi ketertinggalan, ketidakmerataan pembangunan sampai dengan infrastruktur yang tidak layak pada Kabupaten MBD oleh Kementerian dan Lembaga (K/L) dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

"Sasaran yang ingin dikunjungi adalah Pulau Meatimarang,  untuk memastikan pulau-pulau terluar kita aman dari intervensi negara lain. Selain pertahanan keamanan, tetapi juga yang menjadi fokus utama adalah ekonomi masyarakat. Untuk itu mari bersama mempersiapkan segalanya dengan baik. yang paling utama adalah kesiapan hati kita" ujar Bupati.


Adapun agenda dan pokok kegiatan yang direncanakan antara lain Pencanangan Gerbangdutas 2023, penyerahan bantuan, layanan Kesehatan bagi ibu dan anak, layanan kependudukan dan catatan sipil, tempat pariwisata serta kunjungan ke lokasi SKPT di Tiakur. Sedangkan peninjauan sarana prasarana dan dialog bersama Satgas Pam Puter (pengamanan pulau terluar) akan dilaksanakan di Pulau Meatimarang Desa Luang Barat.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, selalu Ketua Tim Penyambutan menyampaikan bahwa segala kesiapan harus direncanakan dengan baik perihal kedatangan Menkopolhunkam dan Mendagri bersama rombongan.


"Tim survei akan datang di hari besok, Selasa 09 Mei 2023 untuk meninjau lokasi. Untuk itu segala kesiapan menyangkut transportasi dan lainnya harus dipersiapkan dengan baik. Saat ini Danpos AL sudah berada di Meatimarang bersama 2 orang Babinsa dan 2 orang Babinkamtibmas, untuk memastikan kondisi terkini Meatimarang," tutur Dandim 1511 P. Moa.

Dandim 1511/Pulau Moa berharap pelaksanaan kunjungan Menteri dapat berjalan dengan lancar dan terus bersinergi tanpa batas.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, SIK, Kajari MBD, B. Rudi Hartoko, SH, MH, Pj. Sekda MBD, O H Y. Kuara, S.Sos, M.Si, Para Staf Ahli, Asisten Setda, Pimpinan OPD Lingkup Pemda MBD. Kominfo69




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment