HADIRI MUSRENBANG RPJPD, BUPATI MBD MINTA DUKUNGAN PEMPROV MALUKU

By admin 18 Apr 2024, 09:34:54 WIB Pemerintahan
HADIRI MUSRENBANG RPJPD, BUPATI MBD MINTA DUKUNGAN PEMPROV MALUKU

Pemerintah Provinsi Maluku (Pemprov) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Maluku tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Maluku tahun 2025 yang dihadiri Kepala Daerah 11 kabupaten/kota, dan Kepala OPD terkait lainnya , Rabu (17/04/2024) yang digelar Ballroom Hotel Santika Premiere, Ambon.

Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, ST bersama Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Drs. Agusthinus Tenlima, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Yosua D. D. Philippus, SP, M.Si, Kepala Dinas Kelautan Perikanan, Herdy D. Ubro, SE, MM dan Kepala Dinas PUTR, Eduard Davidsz, ST, M.Eng turut menghadiri kegiatan dimaksud.


Baca Lainnya :

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengakui musrenbang kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena musrenbang tahun ini menjadi wadah untuk merumuskan arah pembangunan jangka panjang 20 tahun ke depan, bersama dengan rencana pembangunan Maluku tahun 2025.

“Musrenbang kali ini bernilai penting dan strategis, karena tahun 2025 merupakan tahun berakhirnya periode perencanaan 20 tahun sebelumnya, yang tertuang dalam RPJPD tahun 2005 dan merupakan tahun pertama RPJPD  2025-2045,” terangnya.

Disebutkan, pembangunan jangka panjang daerah tahun 2005-2025, khususnya pada periode lima tahun 2019-2024, terjadi kemajuan pembangunan yang signifikan, meski Maluku dihadapkan dengan berbagai krisis, seperti krisis gempa gumi di akhir 2019, dan Covid 19 di tahun 2020-2021.

Hadir di acara pembukaan, antara lain, Forkopimda Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Asisten Gubernur dan Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku, Bupati dan Penjabat Bupati Walikota se- Maluku, Narasumber dari Bappenas dan Kemendagri, serta Pimpinan Lembaga Vertikal Lingkup Provinsi Maluku.

Sementara itu, Bupati Noach pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Musrebang ini bertujuan merangkumkan masukan atau rancangan RKPD dan melihat sinkronisasi program dan kegiatan antara Pemerintah Dearah dan Provinsi.


Ia mengatakan, sebagai sarana mendengar aspirasi, penting disampaikan berbagai kebutuhan pembangunan daerah yang harus disuarakan dan diperjuangkan, terutama sarana infrastruktur dasar yang menjadi kewenangan Pemrov Maluku, sehingga nantinya dianalisa dan dipertimbangkan untuk dilaksanakan pada Tahun 2025 mendatang.

 "Musrenbang ini akan menghasilkan kesepakatan RKPD yang akan menjadi acuan dalam peyusunan program kegiatan pada Tahun 2025. Kami berharap, khusus Kabupaten MBD, terdapat beberapa usulan program kegiatan strategis dan penting untuk dilaksanakan terutama pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan provinsi”, harapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment