Memahami Perjalanan Epik Proyek SKPT MOA : Strategi Menuju Kesejahteraan Masyarakat

By admin 23 Feb 2024, 19:55:19 WIB Perikanan
Memahami Perjalanan Epik Proyek SKPT MOA : Strategi Menuju Kesejahteraan Masyarakat

Sebuah langkah besar terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya dalam menulis lembaran baru sejarah pembangunan wilayahnya. Rapat lanjutan yang diselenggarakan dengan penuh strategi membawa fokus pada pengoptimalan kemajuan proyek Sentral Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di wilayah Moa. Rapat ini tak hanya menjadi kelanjutan dari pertemuan sebelumnya, melainkan sebuah langkah strategis yang diharapkan menjadi tonggak baru bagi masa depan yang dipenuhi harapan.

Wakil Bupati, Drs. Agustinus L Kilikily, M.Si, memimpin rapat bersama Plt. Sekretaris Daerah Drs. Daud Reimialy dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Maluku Barat Daya, Edy Ubro. Turut hadir pejabat dari Kementerian Kelautan dan mitra proyek JICA (Japan International Cooperation Agency), diwakili oleh Mr. WAKABAYASHI Hajime dan Mr. ITAGAKI Masaki.

Dalam pembukaan rapat, Wakil Bupati menyentuh berbagai aspek, khususnya permasalahan instalasi air dan listrik sebagai bagian internal proyek, yang memiliki dampak besar pada kesejahteraan masyarakat. Beliau menyoroti keberhasilan SKPT yang sudah berjalan dengan baik, namun tetap menyampaikan permasalahan yang masih ada, terutama di dermaga yang belum sesuai dengan titik kedalaman tertentu. Perbaikan dianggap krusial untuk meraih manfaat maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat.

Baca Lainnya :


Dalam rapat bersama, pentingnya dokumen yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah, terutama terkait penyerahan SKPT kepada Pemerintah untuk dimanfaatkan secara optimal, menjadi poin penting. Penyelesaian progres perencanaan SKPT sesuai waktu yang ditentukan juga menjadi fokus utama, menciptakan fondasi yang kuat bagi keberhasilan proyek ini.

Suasana semakin hangat saat Mr. WAKABAYASHI HAJIME dari EMBASSY OF JAPAN menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang hangat dan keakraban yang dirasakannya di Kabupaten Maluku Barat Daya. Beliau juga menyatakan ketertarikan terhadap minuman tradisional sopi dan mengungkapkan harapannya untuk membantu pulau-pulau terluar, menciptakan jembatan persahabatan antarnegara Indonesia - Jepang.

Dalam sambutan Mr. ITAGAKI MASAKI, JICA Indonesia OFFICE, terpancar apresiasi terhadap sambutan hangat dan kekayaan budaya di Pulau Maluku Barat Daya. Kunjungan mereka tidak hanya sekadar pertemuan, melainkan memiliki tiga program utama yang diarahkan untuk mendukung perkembangan SKPT dan memperkaya keterampilan masyarakat sekitar.


Diskusi intensif selama pertemuan difokuskan pada penyusunan langkah-langkah konreat untuk mengatasi kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan proyek. 

Rapat strategis ini diadakan pada hari Jumat, 23 Februari 2024, di ruang rapat Kantor Bupati, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan komitmen penuh, Pemerintah Daerah bertekad menjadikan SKPT MOA sebagai pusat unggulan di sektor kelautan dan perikanan, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Semua pihak berharap proyek ini menjadi pilar penting dalam mengangkat kualitas hidup masyarakat setempat serta memacu potensi ekonomi daerah. Melalui kolaborasi internasional, SKPT MOA menjadi simbol terobosan baru untuk masa depan yang lebih baik bagi Maluku Barat Daya tercinta.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment