RUSIA JADI TEMPAT KONTES KERBAU

By Mario Given Hood Sekawael 13 Agu 2023, 21:18:50 WIB Pariwisata
RUSIA JADI TEMPAT KONTES KERBAU

Tiakur,news.malukubaratdayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya melalui Dinas Pertanian Dan Pangan menyelenggarakan Kontes Kerbau Moa yang dipusatkan di Kawasan Pariwisata Rumah Singgah Artakemo (Rusia), Desa Tounwawan. Sabtu (12/08/2023). 

Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th. Noach. ST membuka kegiatan Kontes Kerbau Moa, menyampaikan kontes kerbau merupakan agenda pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas ternak kerbau dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya peternak kerbau.


Baca Lainnya :

"Ini kita lakukan semata-mata untuk mendorong kecintaan kita terhadap ternak kita, dan kita mulai dari sekarang merawat ternak-ternak kita. Selama ini kita memelihara ternak kita secara tradisional, hanya melepas saja. Alangkah baiknya kita merawat ternak-ternak kita dengan baik. Dijaga kesehatannya sehingga pada saatnya ternak-ternak ini akan memberikan nilai ekonomi yang baik untuk keluarga," ucap bupati

Bupati menegaskan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kontes kerbau akan menjadi agenda tahunan pemerintah daerah.


"Oleh karena itu saya berharap bapak/ibu peternak teruslah merawat ternak-ternak bapak/ibu dengan baik. Jadikanlah Pulau Moa sebagai lumbung kerbau bagi MBD dan bagi Provinsi Maluku. Jadikanlah kerbau Moa sebagai kerbau yang unggul,  kerbau yang kompetitif,  kerbau yang bernilai ekonomis tinggi," ulas bupati

Kerbau Moa adalah jenis kerbau lumpur yang sudah sejak dulu dipelihara oleh masyarakat,  hidup dan berkembang di Pulau Moa. Sistim pemeliharaannya dilepas pada area pengembalaan dan pada musim hujan, ternak kerbau digiring masuk ke kandang penampungan yang biasa disebut lutur, untuk seleksi dan peras susu. 


Sistim pemeliharaan masih bersifat tradisional. Masyarakat dan peternak kerbau sudah sejak dulu merasakan manfaat dari komoditi ini karena memberikan pendapatan bagi keluarga. Selain itu juga memiliki nilai sosial dalam praktek penyelenggaraan adat dan budaya di tengah masyarakat.

Ketua panitia penyelenggara Kontes Kerbau, Rosdianawaty Woriwun, SP menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk memperoleh bibit kerbau jantan dan betina yang berkualitas, mendapatkan desa sumber bibit ternak kerbau, memberikan konsultasi, informasi dan edukasi, mempererat ikatan persaudaraan diantara para peternak, meningkatkan kerjasama dan kebersamaan dalam rangka melestarikan dan mempromosikan serta menumbuhkembangkan budaya dan pariwisata daerah. 


"Bentuk kegiatan lomba ini adalah kontes kerbau yang bersifat kompetitif. Peserta berasal dari Desa Tounwawan, Dusun Kyera, Desa Klis, Desa Werwaru dan Desa Wakarleli. Terdiri dari 23 peserta. Setelah melalui beberapa penilaian yang dilakukan oleh tim juri tersaring 8 kerbau yang akan diseleksi hari ini," tutur Woriwun


Kegiatan ini melibatkan unsur instansi terkait Dinas Pertanian dan Pangan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Universitas Pattimura Fakultas Peternakan PSDKU Prodi Peternakan dan Universitas Pertahanan. 


Turut hadir Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Anggota Komisi VII DPR-RI, Mercy Chriesty. Barends, ST, Ketua DPRD MBD, Petrus A. Tunay, A.Md, Dandim 1511/Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa, Kapolres MBD, AKBP. Pulung Wietono, S.I.K, Pj. Sekretaris Daerah MBD, Obed H Y. Kuara, S.Sos, M.Si, Para Asisten, Pimpinan OPD dan masyarakat. Kominfo69




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment